Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelatihan Live Streaming Zoom Meeting

Pengurus MGMP dan Bapak Elfin

 Yakinbisa.my.id - MGMP Matematika SMP Kabupaten Jepara menyelenggarakan pelatihan untuk Pengurus MGMP, baik pengurus tingkat kabupaten maupun pengurus tingkat Pokja. Hal ini dilakukan untuk menyiapkan kegiatan rutin webinar MGMP yang dikemas dengan nama SIMETRI. Yang insyaallah akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 7 Februari 2024.

Sebelum pelatihan inti dimulai, kegiatan ini dibuka oleh ketua MGMP Matematika SMP Kabupaten Jepara, Bapak Shin'an Musfiqi, M.Pd. kemudian dilanjutkan sambutan dari Koordinator MGMP Matematika SMP Kabupaten Jepara, Bapak Edi Suyanto, M.Pd.

Dalam pelatihan ini, MGMP mengundang Narasumber Ahli seorang Guru Penggerak dari Jepara, beliau bernama M. Elfin Noor, S.Kom., M.Pd. dengan materi Menautkan live streaming YouTube dengan Zoom Meeting menggunakan OBS. Dengan OBS, kita dapat menghubungkan Zoom meeting kita sehingga dapat menjangkau lebih banyak partisipan yang ingin mengikuti webinar tersebut.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mendownload aplikasi OBS langsung dari website OBS tersebut, kemudian diinstal. Setelah selesai menginstal, buka channel YouTube kita lalu klik buat/write dan pilih live streaming. Setelah terbuka kita atur jadwal live streaming nya dan jangan lupa salin kode YouTube yang akan kita hubungkan ke OBS.

Langkah kedua kita buka Zoom Meeting kita dan langkah ketiga buka OBS, tempelkan kode live streaming yang tadi di Copy kedalam kode OBS kemudian atur source menampilkan zoom dan kamu bisa mengkreasikan tampilan YouTube seperti apa dengan menambahkan source pada OBS.

Tahap terakhir, silahkan klik play live streaming dan hasilnya Alhamdulillah sekarang zoom meeting kita dapat live di YouTube sehingga dapat disaksikan oleh lebih banyak partisipan atau pengikut webinar.

Sebagai pelengkap dalam kegiatan webinar, kita perlu menyiapkan sertifikat untuk peserta webinar. Pada kesempatan ini kita diajarkan dengan dua cara yaitu : pertama menggunakan Canva yang dihubungkan dengan csv dan yang kedua menghubungkan spreadsheets dengan autocrat.

Demikian ilmu yang telah saya dapatkan hasil dari pelatihan bersama MGMP Matematika SMP Kabupaten Jepara. Terimakasih kepada ketua MGMP, Bapak Shin'an Musfiqi, M.Pd. beserta Bapak Ibu pengurus MGMP atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk ikut belajar.

Koordinator MGMP - Narasumber - Ketua MGMP


Posting Komentar untuk "Pelatihan Live Streaming Zoom Meeting"