Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sukseskan Pilkatos, Kesiswaan Manfaatkan Google Form

 Yakinbisa.my.id - Pemilu atau pemilihan umum merupakan suatu proses memilih atau dipilih oleh seseorang untuk mengisi jabatan pemerintahan publik bisa presiden dan wakil presiden, DPR, DPD atau Kepala Daerah melalui pemungutan suara.

Tabel Hasil Pemilihan Ketua OSIS Periode 2024

SMP Negeri 2 Kalinyamatan setiap tahunnya juga melaksanakan pemilu sebagai wujud demokrasi di sekolah dengan memilih ketua dan wakil ketua OSIS. Sebagai tahapannya dimulai dari :

  1. Seleksi kelas dilakukan oleh wali kelas 7 dan 8 dengan menunjuk 2 siswa terbaik;

  2. Seleksi pembina OSIS melalui 5 tahapan seleksi yang semula 2 kandidat perwakilan kelas sebanyak 14 kelas diperoleh 28 kandidat sampai terbentuk 3 pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS terbaik dari kandidat pilihan yang ada;

  3. Sosialisasi dan kampanye terbuka oleh 3 pasangan calon; dan terakhir

  4. Seleksi seluruh warga sekolah.


Foto Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS


Pada tahapan 2 seleksi dari pembina OSIS dipimpin oleh Ibu Asri Linda sebagai kesiswaan dibantu oleh 5 orang tim pembina OSIS yaitu Ibu Emy Puspitasari, Ibu Susi Retno Handayani, Bapak Hamami, Bapak Kalim, dan Bapak Sukamto sampai terbentuk pasangan calon nomor urut sebagai berikut :

Nomor urut 1 : Aisyah Putri Naddiin dan Sella Juliyana;

Nomor urut 2 : Naomi Ekaputri Winarno dan Elsandy Nawa; dan

Nomor urut 3 : Ahmad Kelvin Setiawan dan Sela Rahmadila Anggraini Putri.



Pada tahap sosialisasi, panitia pilkatos mengundang ketua PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Bapak Solikhul Hadi, M.Pd.I. sebagai narasumbernya untuk mengisi implementasi pemilu di sekolah sebagai pesta demokrasinya warga sekolah. Beliau memaparkan rincian tahapan pelaksanaan pemilu, dari penyelenggara sampai pemilih dan hal-hal yang dilarang saat berkampanye kemudian ditutup dengan kalimat jadikan luberjurdil pemilihan OSIS sebagai awal untuk berlaku jujur disetiap kehidupan.



Kemarin, 28 November 2023 SMP Negeri 2 Kalinyamatan melakukan pemilihan secara daring yaitu dengan menggunakan platform google form. Google form adalah platform atau sebuah layanan yang dibuat oleh google untuk memudahkan para pengguna dalam melakukan survey. Google form ini merupakan layanan online yang berbasis pada pertanyaan atau kuesioner yang bisa di custom oleh para pembuatnya. Sehingga google form bisa dikatakan sebagai layanan yang efektif dan praktis dalam memperoleh informasi tertentu. Dengan google formulir, kita dapat membuat survei atau kuis secara langsung di browser seluler atau website sehingga tidak memerlukan software khusus karena hampir disetiap perangkat terdapat aplikasi google. Anda bisa mendapatkan hasilnya secara langsung setelah hasil tersebut masuk. Selain itu, Anda dapat meringkas hasil survei secara sekilas dengan diagram dan grafik. SMP Negeri 2 Kalinyamatan juga merupakan sekolah Adiwiyata yang berusaha mengurangi pemakaian kertas, karena itulah dipilih menggunakan platform google formulir.

Partisipan atau Daftar Pemilih Tetap (DPT) nya adalah seluruh warga sekolah baik dari siswa juga diikuti oleh Guru dan Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 2 Kalinyamatan, yang jumlah partisipannya 240 siswa kelas 7, 203 siswa kelas 8, 178 siswa kelas 9, serta 36 dari Guru dan Tenaga Kependidikan dengan tingkat kehadiran 94,09%.

Hasil pemilihan diumumkan oleh Ibu Kesiswaan pada jam 12.30 WIB dengan disaksikan oleh perwakilan kelas, guru, paslon, dan panitia pilkatos dengan hasil sebagai berikut :

Pasangan calon nomor urut 1 = 7,12 % pemilih;

Pasangan calon nomor urut 2 = 25,91 % pemilih; dan

Pasangan calon nomor urut 3 = 66, 97 %.


Hasil Pemilihan Ketua OSIS dengan Google Form

Selamat kepada pasangan calon nomor 3 : Ahmad Kelvin Setiawan dan Sela Rahmadila Anggraini Putri yang terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2024, semoga bisa menjalankan yang diamanahkan, dan untuk pasangan calon lain mari bersama dukung program kerja pasangan calon terpilih dengan ikut dalam kepengurusannya.

Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Sukseskan Pilkatos, Kesiswaan Manfaatkan Google Form"