Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagi Praktik Baik Pembelajaran

Sahabat yakinbisa.my.id


 Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,,,

Bapak Ibu yang hebat, syukur Alhamdulillah tadi pagi kami anggota MGMP Matematika SMP Kabupaten Jepara Pokja 3 melaksanakan kegiatan rutin kami dengan mengundang Narasumber yang cukup terkenal, selain sebagai pengurus inti MGMP Matematika SMP Kabupaten Jepara beliau juga aktif dalam organisasi lain yang skalanya nasional, kegiatan itu bernama Pendidik Nusantara KGBN dan jabatannya sebagai sekretaris bidang pengembangan anggota di badan pengurus Nusantara KGBN, beliau adalah Ibu Choifah, M.Pd.

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Frida M., M.Pd. Ketua Pokja 3 MGMP Matematika SMP Kabupaten Jepara yang menyampaikan terima kasih atas kedatangan Ibu Choifah yang bersedia mengisi kegiatan rutin kami. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada SMP Negeri 2 Kalinyamatan yang telah bersedia memberikan izin untuk menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini dan selanjutnya diisi oleh Ibu Narasumber.

Ibu Choifah memulai materi dengan menyampaikan kesepakatan kelas terlebih dahulu. Setelah kesepakatan kelas terbentuk, beliau baru menyampaikan tujuan kegiatan yaitu :

  1. Mengenal model STAR,
  2. Menyusun penulisan praktik baik pembelajaran,
  3. Menyusun skenario video praktik pembelajaran.

Setelah penyampaian kegiatan tersebut kemudian Bu Choifah mengajak para peserta untuk melakukan ice breaking dengan menggambar pada kertas yang dibagikan, kalimat yang menceritakan anda sampai ketempat ini. Setelah selesai biarkan teman sebangku anda menerjemahkan arti gambar temannya lalu minta menjawab apakah yang disampaikan sudah sama maksudnya dengan pembuat gambar ? Peserta diminta menyebutkan alasannya.

Narasumber meneruskan dengan memberikan pertanyaan pembatik "Ketika melakukan sesuatu dan berhasil, apa yang ingin anda bagikan kepada orang lain ? Mengapa ?". Kemudian narasumber meminta salah satu peserta yang bersedia menyampaikan pendapatnya.

Kegiatan diteruskan dengan penyampaian materi tentang praktik baik.

Apakah praktik baik itu ?

Praktik baik itu mengenai cara pembelajaran yang didukung bukti empiris (whitehurst) praktik baik pembelajaran adalah praktik yang sudah ada, sudah dilakukan, dan sudah memiliki efektivitas tinggi yang disepakati bersama (Hargreaves dan Fullan). Digunakan untuk menggambarkan apa yang telah berhasil dilakukan dalam konteks atau situasi tertentu.

Bagaimana cara berbagi praktik baik ?

Dengan bercerita 

Mengapa bercerita ?

Saling berbagi antar guru, satu sekolah, MGMP, dan komunitas belajar.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menceritakan praktik baik ?

  1. Ide dan pesan
  2. Strategi yang berdampak
  3. Penting untuk disampaikan
  4. Terstruktur.


Karakteristik praktik baik pembelajaran :

  1. Kreatif dan inovatif
  2. Mengatasi masalah
  3. Menginspirasi
  4. Ekonomis dan efisien
  5. Terjadi perubahan

Kerangka STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Result dan Refleksi)

Yang semuanya sudah dijabarkan dan dipraktekkan dalam kegiatan tersebut, berikut link YouTube kegiatannya :

Kegiatan ini sangat menyenangkan karena narasumber mengajak secara langsung kepada peserta untuk terlibat aktif melakukan diskusi dan presentasi.

Terima kasih atas materi yang telah ibu narasumber sampaikan kepada kami, semoga kami bisa mempraktekkan ilmu nya dalam kegiatan pembelajaran kami sehari-hari.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.




Posting Komentar untuk "Berbagi Praktik Baik Pembelajaran"