Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IHT Pembelajaran Berdiferensiasi bersama Dosen Pascasarjana Upgris

Dr. Aryo Andri Nugroho, S.Si., M.Pd. bersama Warga Sekolah

 Yakinbisa - SMP Negeri 2 Kalinyamatan mengadakan In House Training (IHT) bersama Dr. Aryo Andri Nugroho, S.Si., M.Pd. Dosen sekaligus Ketua Program Studi PPG Pascasarjana Universitas PGRI Semarang untuk memberikan pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi kepada Bapak dan Ibu Guru yang harapannya bisa diterapkan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari.

Dr. Aryo Andri Nugroho, S.Si.,M.Pd. - Eko Mursulistiono, S.Pd., M.Pd. - H. Abdulah Qodir, M.Pd.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Ibu Noor Afifah, S.Pd. dan dibuka dan dibacakan susunan acaranya oleh beliau. Kemudian sambutan oleh Kepala SMP Negeri 2 Kalinyamatan (sebut : Spendaka) Bapak Eko Mursulistiono, S.Pd., M.Pd. yang memberikan pengarahan agar bapak ibu guru mengikuti guru penggerak, supaya lebih memahami cara untuk mengajar sesuai kurikulum merdeka.

Wakil kepala sekolah M.H. Rozikiyah, S.Pd.

Ditutup dengan doa oleh Bapak K.H. Abdulah Qodir, S.Pd., M.Pd. guru mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan juga guru di madrasah alfalah bakalan.

Kemudian dilanjutkan dengan IHT yang dipimpin oleh Bapak Dr. Aryo Andri Nugroho, S.Si., M.Pd. sebagai narasumber utama yang sudah cukup berpengalaman dalam dunia pengembangan pendidikan di Indonesia.

Dr. Aryo Andri Nugroho, S.Si., M.Pd.

Beliau menyampaikan terdapat tiga cara untuk memetakan kebutuhan belajar peserta didik, yaitu :

  1. Kesiapan belajar peserta didik (readiness);
  2. Minat peserta didik;
  3. Profil belajar peserta didik.

Beliau menyampaikan bahwa kesiapan belajar merupakan kapasitas untuk mempelajari materi baru, minat merupakan salah satu motivasi penting bagi peserta didik untuk dapat "terlibat aktif" dalam proses pembelajaran, sedangkan profil belajar peserta didik lebih ke memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara natural dan efisien.

Laboratorium IPA

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran seseorang, diantaranya yaitu :

  1. Bahasa
  2. Ketertarikan atau minat
  3. Apa yang peserta didik pelajari dirumah
  4. Gaya belajar
  5. Preferensi belajar
  6. Latar belakang peserta didik
  7. Konsentrasi
  8. Pengalaman yang dimiliki peserta didik sebelumnya
  9. Status ekonomi, dan
  10. Karakter.

Sedangkan pembelajaran berdiferensiasi memiliki 4 (empat) aspek, yaitu :

  1. Konten/isi
  2. Proses
  3. Produk
  4. Lingkungan belajar

Langkah awal melakukan pembelajaran berdeferensiasi adalah sebagai berikut :

  1. Pemetaan peserta didik
  2. Dapatkan wawasan tentang peserta didik untuk mengetahui metode pembelajaran
  3. Mengelompokkan
  4. Peserta didik diberikan pilihan
  5. Informasi dalam berbagai bentuk
  6. Jangan berikan latihan umum
  7. Hubungan pembelajaran ke dunia peserta didik
  8. Kombinasi kekuatan pengajaran
  9. Latihan untuk menyempurnakan
  10. Memulai dengan sesuatu hal
  11. Percobaan 

Terdapat tantangan dalam pembelajaran berdiferensiasi, yaitu :

  1. Persiapan yang memakan waktu
  2. Terbatasnya waktu di kelas
  3. Guru harus memiliki management skills yang baik

Dan sebagai penutup peserta IHT diberikan tambahan praktek pembuatan ebook dengan anyflip dan pembuatan LKPD menggunakan liveworksheet.

Demikianlah materi In House Training (IHT) yang telah dilakukan oleh SMP Negeri 2 Kalinyamatan bersama narasumber Bapak Dr. Aryo Andri Nugroho, S.Si., M.Pd.

Posting Komentar untuk "IHT Pembelajaran Berdiferensiasi bersama Dosen Pascasarjana Upgris"