Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Dimensi Pelajar Pancasila

Dimensi pelajar pancasila adalah aspek-aspek yang menggambarkan karakteristik pelajar Indonesia yang berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila. Menurut Kemendikbudristek, ada **enam dimensi** profil pelajar pancasila, yaitu:


- **Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia**. Ini berarti pelajar Indonesia yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan ajaran agama dan kepercayaannya masing-masing²³.

- **Berkebhinekaan global**. Ini berarti pelajar Indonesia yang menghargai dan menghormati perbedaan budaya, agama, ras, etnis, gender, dan lain-lain, baik di dalam maupun di luar negeri²⁴.

- **Bergotong-royong**. Ini berarti pelajar Indonesia yang mampu bekerja sama dengan orang lain secara harmonis dan produktif untuk mencapai tujuan bersama²⁴.

- **Mandiri**. Ini berarti pelajar Indonesia yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya, serta memiliki motivasi dan inisiatif untuk mengembangkan diri secara terus-menerus²⁴.

- **Bernalar kritis**. Ini berarti pelajar Indonesia yang mampu berpikir logis, analitis, sistematis, dan kreatif dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan²⁴.

- **Kreatif**. Ini berarti pelajar Indonesia yang mampu menghasilkan ide-ide baru dan inovatif, serta menerapkannya dalam berbagai bidang kehidupan²⁴.


Masing-masing dimensi ini memiliki beberapa elemen dan subelemen yang lebih spesifik. Anda bisa membaca lebih lanjut tentang dimensi dan elemen profil pelajar pancasila di sini¹²³⁴. Semoga bermanfaat! 😊


Source: Conversation with Bing, 10/7/2023

(1) 6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila Beserta Elemen dan Subelemennya. https://tirto.id/6-dimensi-profil-pelajar-pancasila-beserta-elemen-dan-subelemennya-guzL.

(2) KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/Dimensi_PPP.pdf.

(3) Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila. https://www.gurusumedang.com/2022/12/dimensi-elemen-subelemen-profil-pelajar-pancasila.html.

(4) Dimensi dan Elemen Profil Pelajar Pancasila - Mamak Pintar. https://mamakpintar.com/dimensi-dan-elemen-profil-pelajar-pancasila/.

Posting Komentar untuk "Makna Dimensi Pelajar Pancasila"